Get Gifs at CodemySpace.com

Senin, 23 Januari 2012

pertolongan pertama apabila terkena bisa hewan

saya mencoba membagikan info-info yang saya rangkum dari berbagai sumber,  semoga berguna jika terjadi hal seperti ini, dan semoga saja tidak..
 Spoiler for lipan/kelabang
kelabang atau lipan (bhs.inggris : centipede)
merupakan hewan arthopoda  yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. kelabang adalah hewan metameric yang memiliki sepasang kaki disetiap ruas tubuhnya. hewan ini termasuk hewan yang berbisa dan termasuk juga hewan nokturnal.
 Spoiler for Efek Gigitan
gigitan kelabang meninggalkan bekas berupa sepasang luka, dan menyebabkan pembengkakan, rasa sakit dan kemerahan di sekitar tempat luka. rasa terbakar, pegal dan sakit biasanya akan hilang sendirinya dalam kurun waktu 4-5 jam kemudian.
Spoiler for Pertolongan pertama
1. kompres dingin dan dicuci dengan obat antiseptik
2. kalau ada, cuci bekas gigitan dengan larutan oekat garam inggris
3. berikan obat pelawan rasa sakit
4. apabila penderita gelisah, segera bawa ke dokter

Spoiler for Lintah

Qoute:
lintah adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida Subkelas hirudenea. terdapat jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawah, dan juga laut. seperti halnya kerabatnya, Olighocaeta. mereka memiliki Kritelum. seperti cacing tanah, lintah juga berkelamin ganda. Lintah obat Eropa, Hirudo Medicinalis , telah sejak lama di manfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotami) secara medis.
Spoiler for Efek Gigitan
Ludah lintah mengandung zat antipembekuan darah. darah akan terus mengalir keluar dan masuk ke perut lintah. pada orang yang peka terhadap zat tersebut, gigitan lintah akan beraksi berupa pembengkakan, gatal, dan kemerahan.
Spoiler for Pertolongan pertama
1. dengan hati-hati lepaskan lintas dari tempat ia mengigit
2. siram minyak atau air tembakau ke tubuh lintah supaya mempercepat melepaskan gigitan lintah
3. apabila ada tanda-tanda reaksi kepekaan yang ada seperti yang di atas, cukup digosok dengan obat atau antisalep biasa

Spoiler For Ular

gigitan ular akan menyebabkan bekas yang dapat meberi tentang jenis ularnya. gigitan ular yang berbisa akan meninggalkan bekas luka yang sangat nyata. tetapi untuk identifikasi yang lebih pasti, apabila ular bisa dibunuh. identifikasi ini penting untuk mengetahui jenis bisa yang dimasukkan bersama gigitan . BIsa ular ada yang bersifat bisa merusak dinding pembuluh darah (ular pohon), dan ada juga yang bisa merusak jaringan saraf (ular kobra, ular laut).
Spoiler for contoh gigitan ular
bekas gigitan ular:
A: tidak berbisa (tanpa bekas taring)
B: Ular berbisa dengan taring di belakang
C: Ular berbisa dengan taring di depan (ular sendok-Kobra; ular laut)
D: Ular berbisa dengan taring di depan agak kesamping (ular pohon)
Spoiler for Pertolongan Pertama
1. Baringkan penderita dan letakkan bagian yang tergigit lebih rendah dari letak jantung.
2. Penderita disuruh agar tetap tenang, karena kegelisahan akan mempercepat penjalaran bisa
3. Kenakan torniket (torniquet) di daerah di atas tempat luka yang digigit. (Torniket ini dimaksud untuk mencegah aliran darah yang sudah tercemar bisa ke jantung)
4. denyut nadi di bagian yang terletak lebih rendah dari torniket harus merasa tetap teraba. khusus untuk gigitan ular sendok(kobra) , torniket di kencangkan seperti para perdarahan nadi.
menyayat dan menghisap bisa pada bekas gigitan ular 

dengan sebuah pisau yang sudah di sterilkan (misalnya dengan membakarnya), buat irisan dikulit tetap dibekas taring ular. Irisan itu memanjang sedalam 0.5 cm dan sepanjang 1.5 cm. kemudian melalui irisan itu, bisa dihisap dengan mempergunakan mulut . Bisa ular tidak berbahaya bagi mulut yang sehat (tidak ada luka)
Spoiler for Catatan
jika gigitan sudah berlangsung lebih dari setengah jam yang lalu. JANGAN melakukan mengisapan terhadap bisa ini. penderita tidak boleh diberi minuman keras. selanjutnya kirimlah penderita kepada rumah sakit agar di berikan suntikan antibisa ular. Sedapat mungkin, usunglah penderita dalam keadaan terbaring. bisa ular jarang mengakibatkan kematian, dan menjalar melalui pembuluh darah dan cepat mematikan. selama dalam perjalanan, torniket di kendorkan setiap 15 menit dalam waktu 30 detik.


                 Itulah tips yang saya bisa berikan kepada anda, semoga bermanfaat bagi seterusnya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar